Rabu, 15 Mei 2013

Tips Berhijab Untuk Wajah Bulat


Trend hijab saat ini sangat bervariasi. Sepertinya hijab tidak lagi sekedar berfungsi menutup aurat yang menjadi simbol faith, namun juga menjadifashion yang mempercantik penampilan. Hijab yang dulu lekat dengan jilbab yang terkesan tradisional dan penggunaannya cukup dengan menyematkan peniti, kali ini jilbab berkamuflase menjadi hijab yang merambah kalangan kelas menengah dengan kesan glamor dan wah. Begitu banyak pilihan tutorial hijab populer di sajikan di laman-laman internet maupun yotube –hanya saja sebagai hijabbers kita harus selektif memilih style yang pas untuk kontur wajah kita. Alih-alih ingin tampil cantik, yang ada malah terlihat weird hanya karena salah memilih model dalam berhijab.
Untuk mereka yang berwajah oval, pastinya akan sangat mudah untuk mencoba beragam style hijab yang ditawarkan. Karena mereka yang mempunyai kontur wajah oval dapat mencoba berbagai jenis dan kreasi gaya dalam berhijab. Lalu bagaimana yang berwajah panjang? Atau mereka yang berwajah bulat dan chubby? Dalam ulasan kali ini saya akan membagikan beberapa trik untuk mereka yang berwajah bulat dan chubby. Karena wajah saya sendiri memiliki kontur pipi yang chubby dan wajah lumayan bulat. Berikut ini trik dan tips memakai hijab untuk anda yang berwajah chubby seperti saya. Let’s check it out ladies..

1. Memilih dan Memakai CIPUT
Jika anda bilang “Waah…saya berwajah bulat karena itu nggak pantes gitu kalo makesemua jenis ciput” Anggapan ini bisa saja benar kalo kita SALAH memilih under-capalias ciput. Kenapa? Ya karena ciput tidak mempunyai size yang kembar yang bisa dipakai semua bentuk wajah. Sebaiknya saat mencari ciput untuk wajah chubby yang harus benar-benar diperhatikan adalah UKURAN ciput itu sendiri. Pernah saya membeli ciput tanpa melihat ukuran dan akhirnya tak terpakai karena ternyata terlalu kekecilan buat wajahku yang lumayan lebar. Karena kekecilan, ciput terlalu menekan pipi dan tonjolan pipiku yang chubby semakin jelas ter-expose.
Lalu ciput seperti apa yang cocok untuk yang berwajah chubby? Untuk ciput Arab, jenis yang bolak balik lebih cocok untuk yang berwajah bulat ataupun chubby. Karena ciput tersebut penggunaanya bisa kita silang atau kita bentuk menjadi asimetris pada bagian dahi. Ciput Arab biasa juga bisa dipakai asal penggunannya dua ciput yang di bentuk silang (kalau yang seperti ini agak ribet sih ya.. ). Hindari penggunaan ciput arab dengan pola tanpa silang. Karena bisa di tebak, muka anda akan menjadi terkesan bulat penuh –dan mungkin anda akan merasa aneh dan tak menyukainya.
Pemakai ciput Arab
Koleksi Hijab cek di pepe Store "Kich Butiq Colection"
Sementara untuk ciput ninja alias ciput Maroko, pastikan mempunyai ukuran yang pas dengan wajah anda. Biasanya ciput ninja yang model ikat itu berukuran kecil dan menonjolkan pipi anda. Pilihlah ciput ninja yang model kancing ataupun model resletting, karena biasanya ciput ninja jenis tersebut lebih longgar dan nyaman di pakai. Walaupun harganya lebih mahal dari ciput ikat biasa. Tapi anda tidak akan kecewa karena layernya juga menutupi hingga dada, sehingga kemungkinan rambut ataupun kulit tengkuk anda terlihat tidak akan pernah terjadi.
Ciput maroko atau ciput ninja
Koleksi Hijab cek di pepe Store "Kich Butiq Colection"
Ciput lainnya yang paling pas untuk wajah bulat atau chubby adalah ciput model topi. jenis ini dapat memberi kesan wajah terlihat lebih lonjong. Selain itu, penggunaan ciput poni (ciput yang pada bagian dahi berenda dengan jahitan ke atas) juga sangat pas untuk mengesankan wajah bulat menjadi lebih panjang. Begitu juga dengan hijab model cardigan dan hoodie. Nah lho kalo bisa memilih jenis ciput yang pas buat anda, kenapa tidak mencoba? :)
Pemakai Ciput Poni
Koleksi Hijab cek di pepe Store "Kich Butiq Colection"
Di pasaran, malah sekarang ini sudah ada ciput antem alias anti tembem yang memberikan solusi buat pipi Chubby. Sebenarnya sekilas sama dengan ciput ninja lainnya, hanya desainnya ber-cutting lurus sehingga pipi tidak terlalu terekspose dan nampak ramping (tidak chubby lagi ). Dan desain pada bagian leher  terlihat lebih ramping sehingga memberikan efek wajah tirus.

Ciput anti tembem
Koleksi Hijab cek di pepe Store "Kich Butiq Colection"
Well, apakah pemilihan ciput saja sudah cukup? No way, ternyata salah cara menggunakan ciput juga mempengaruhi kontur wajah anda. Untuk mereka yang berwajah tirus mungkin tidak masalah menggunakan ciput dengan memperlihatkan seluruh dagu dan rahang. Tapi tidak untuk wajah bulat dan chubby. Pastikan bahwa ciput menutupi bagian bawah dagu dan tulang rahang. Ini akan memberikan efek tirus pada wajah anda. Dan perlu dicatat bahwa jika menggunakan ciput Arab, sebaiknya jangan memakainya terlalu turun menutup semua dahi atau kening Anda, karena dengan begitu, wajah Anda akan terkesan pendek dan bertambah bulat.
1360597467350679574
A. Penggunaan ciput yang tepat. B. Layer hijab yang menutupi sebagian pipi. C. Material hijab yang terkesan loose
Pemilihan warna ciput juga berpengaruh lho. Warna gelap cocok sekali untuk wajah Chubby. Karena warna gelap seperti hitam, biru tua, coklat tua dan lain-lain mengesankan efek tirus pada wajah yang chubby. Sementara warna cerah pada wajah akan memberi volume yang berlipat.
2. Memilih Model Hijab dan Tips Penggunaan Hijab
Seperti halnya model dan pemakaian ciput, cara berhijab untuk wajah bulat juga mempunyai rule tersendiri. Pilihan model hijab yang bervolume sangat cocok untuk mengesankan wajah tirus bagi anda yang berwajah bulat. Untuk mengurangi kesan chubby, majukan bagian hijab di pipi sehingga wajah terlihat lebih tirus. Bagi Anda Hijabers yang memiliki wajah bulat, sebaiknya menggunakan hijab dengan menutupi sebagian luar pipi. Pilihan hijab yang berlayer juga bisa menyamarkan pipi chubby.
Sementara untuk material hijab, gunakan bahan yang terkesan loose atau jatuh sehingga meninggalkan efek wajah lebih tirusPilihan material rajut ringan, crepe, sifon serat jagung juga memberi dimensi antara wajah dan kerudung, sehingga menyamarkan pipi chubby anda. Namun, hindari hijab berbahan sifon sutra yang terlalu jatuh dan tipis, ataupun hijab kaos yang tipis. Karena bahan yang terlalu tipis justru malah mempertegas tekstur wajah bulat Anda . Dan yang paling menolong adalah pilihan model hijab dengan bentuk asimetris. Saya yang berpipi chubby selalu mempraktekan model asimetirs ini, yaitu dengan membiarkan sebagian hijab menutupi sebagian pipi. Dan itu menyamarkan wajah chubby-ku. Karena, penggunaan hijab yang asimetris mampu menciptakan jarak antara wajah dan kerudung.
Untuk warna hijab, seperti halnya ciput, disarankan yang polos dan kalau bisa yang gelap. Hijab yang bermotif rame atau motif besar-besar bisa membrikan efekwajah menjadi bervolume dan mempertegas pipi chubby anda. Tapi pengalaman saya pribadi, biasanya jika menggunakan hijab bermotif, saya akan menyiasatinya dengan penggunaan model hijab berlayer yang menutupi pipi. Juga penggunaan ciput yang asimetris. And so far, it works! :)
Dian Pelangi Adalah Pemilik Pipi Tembem (Tetap Canti kan)
Koleksi Hijab cek di pepe Store "Kich Butiq Colection"
Well ladies.. Mungkin untuk smentara ini itu saja yang dapat saya bagikan. Benar sekali, untuk tampil berbeda dalam berhijab diperlukan ketelitian dalam memilih hijab dan aneka kreasinya agar dapat membuat penampilan anda semakin charming. Karena memang pemilihan busana, aksesoris, dan tata rias wajah, memilih hijab juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah. That’d be all, thank you for reading through..Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar